Program Jitu Tingkatkan Kesejahteraan Peternak Sapi Perah Lokal di Jawa Timur

Posted by : admin January 29, 2024 Category : Bisnis , Technology
Photo by Carolien van Oijen on Unsplash

Salah satu sektor yang memiliki peran strategis dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat adalah peternakan. Dari sekian banyaknya sektor peternakan yang ada di Indonesia, peternakan sapi perah menjadi sektor yang berdampak besar dalam hal kesejahteraan masyarakat.

Jika berbicara terkait dengan peternakan sapi perah lokal, Jawa Timur menjadi provinsi dengan jumlah sapi perah betina terbanyak di Indonesia, yakni 23.227 ekor per 31 Desember 2022. Dari jumlah tersebut, didominasi oleh sapi yang sedang berproduksi atau laktasi sebanyak 10.933 ekor.

Dengan jumlah yang besar itu, peternakan sapi perah lokal pun menjadi bagian integral dari kehidupan ekonomi dan sosial masyarakat. Untuk itu, produktivitas dan kesejahteraan peternak sapi perah lokal pun sangat penting untuk diperhatikan dengan berbagai pendekatan yang harus dilakukan.

Pendekatan yang dilakukan pun harus inovatif guna mendukung pengembangan peternakan sapi perah lokal. Selain itu, keberlanjutan peternak sapi perah lokal terkait dengan proses produksinya pun harus dijadikan prioritas untuk hari ini dan di masa yang akan datang.

Guna menciptakan tujuan besar tersebut, Nestlé Indonesia pun menjalin kemitraan dengan peternak sapi perah lokal di Jawa Timur dengan memberikan pendampingan teknis dan bantuan lainnya untuk meningkatkan produktivitas dan kualitas produksi susu segar serta memastikan keberlanjutan lingkungan.

Melalui tim Milk Procurement and Dairy Development (MPDD), Nestlé Indonesia terus konsisten memberikan pendampingan dan pelatihan bagi para peternak sapi perah lokal. Hal itu pun sejalan dengan misi jangka panjang Nestlé Indonesia, yaitu mendukung dan mempercepat transisi ke sistem pangan regeneratif.

Hingga kini, tim MPDD telah membina 26.000 peternak sapi perah lokal di Jawa Timur dengan memberikan pelatihan tentang praktik peternakan sapi perah lokal yang baik dan berkelanjutan untuk meningkatkan produktivitas dan kualitas susu segar, serta memastikan penerapan peternakan yang ramah lingkungan.

Selain itu, tim MPDD juga membangun 8 akses air bersih bagi para peternak sapi perah di Jawa Timur yang tidak hanya mendukung peternakan, namun juga bagi komunitas peternak untuk membantu meningkatkan kesehatan masyarakat.

Tak hanya itu, guna menjaga kebersihan lingkungan, kesehatan peternak dan keluarganya, maupun mengurangi emisi gas rumah kaca, Nestlé Indonesia membantu membangun lebih dari 8.600 unit kubah biogas untuk mengolah kotoran sapi menjadi energi terbarukan yang digunakan untuk  memasak dan penerangan.

“https://www.liputan6.com/bisnis/read/5515371/ragam-program-jitu-tingkatkan-kesejahteraan-peternak-sapi-perah-lokal-di-jawa-timur-apa-saja”

RELATED POSTS