Indonesia Gandeng Finlandia untuk Pengembangan Smart City di IKN

Posted by : admin February 2, 2024 Category : Bisnis , Gallery
Photo by Pedro Lastra on Unsplash

Demi mewujudkan smart forest city, Indonesia sedang mengembangkan sistem untuk mengoperasikan semua infrastruktur yang dibangun di IKN dalam satu command center agar pelayanannya terintegrasi dan optimal. Dalam mewujudkan hal ini, Indonesia menggandeng finladia agar dapat membantu dalam pengembangan sistemnya.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono menerima kunjungan Menteri Perekonomian Finlandia Wille Rydman beserta para perwakilan dari 19 perusahaan asal Finlandia di Kantor Kementerian PUPR, Senin (29/1/2024).

Pertemuan ini diadakan dalam rangka membahas potensi kerja sama dengan perusahaan-perusahaan asal Finlandia dalam pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN), khususnya terkait pemanfaatan teknologi dan energi terbarukan, demi mewujudkan visi IKN sebagai smart forest city.

Saat ini, sudah terdapat kurator serta beberapa tenaga ahli yang turut mendukung pelaksanaan perwujudan hal ini. Tugasnya adalah untuk melakukan evaluasi serta pengawasan untuk setiap tahap pembangunan infrastruktur yang berjalan di IKN. Selain itu, pemerintah juga menargetkan bila Finlandia setidaknya mengirimkan satu orang tenaga ahli untuk mendukung pengawasannya.

“Kami harap Finlandia juga dapat mengirimkan setidaknya satu orang tenaga ahli,” ujarnya sebagaimana dikutip dari keterangan resmi.

“https://www.goodnewsfromindonesia.id/2024/01/31/wujudkan-smart-city-di-ikn-indonesia-gandeng-finlandia-untuk-pengembangannya”

RELATED POSTS